Pembaca Budiman

Senin, 23 Mei 2011

Antara aku, ketakutan mama, dan impian besarku

Assalamualaikum,
akhirnya sempat ngepost lagi... sebenarnya rutinitas akhir-akhir ini tak begitu sepadat biasanya, tetapi seminggu belakangan, mungkin dapat kukatakan SAAT-SAAT TERSULIT DALAM HIDUPKU...

sebelumnya, aku harus bersyukur terlebih dahulu. syukron ya Allah. telah meluluskanku dalam ujian nasional SMA... walaupun nilai bahasa inggrisku tak secemerlang saat SMP, tetapi matematika menjulang ke awan, dan itu tak tersentuh siapapun di sekolah :D
sejenak kebahagiaan itu merasuki, namun tak butuh waktu lama saat kegundahan besar mencekik batinku.. dan kali ini, lebih lebih dan lebih sakit. seperti mengiris urat nadiku. ketika aku melihat teman-temanku sibuk menyusun mimpi mereka. MAU KULIAH DIMANA? MAU AMBIL JURUSAN APA? sementara aku, hanya bisa terdiam. aku tahu betul kondisiku. satu-satunya yang kuharapkan hanyalah bebas tes di satu universitas negeri untuk bisa membuat mama mungkin sedikit membuka izinnya untuk membuatku kuliah. itu pun, harusnya aku tahu betul kemungkinanku kecil kalau melihat jurusan yang kupilih. yah, jurusan dengan jutaan peminat tapi hanya secuil kursi. aku tak mungkin sembarangan memilih, karena aku tak bisa main-main dalam pilihanku kali ini.

saat itu di hari kelulusan, aku mencoba menenangkan diriku sendiri. jalan dengan kakak Bucca yang selama ini selalu mampu menenangkanku, bersandar di bahu akai ataupun b bercanda dengan changcu. sedikit, sedikit membantu. rasa gundah itu coba kusimpan rapat-rapat.
hari kedua kelulusan, rasa gundah itu coba untuk kutepis. tapi tetap saja sepertinya kali ini nihil. entah memang itu firasat buruk atau apalah. malamnya, sedikit konflik dengan kakak Bucca membuat air mataku tiba-tiba menetes, perasaan apa ini? ini bukan manja. padahal satu jam lagi pengumuman bebas tes akan keluar. apakah ini pertanda? satu jam kemudian, dengan hati yang semakin tak tenang, ku beranikan diri melihat hasil bebas tes. dan benar saja, aku GAGAL! aku masih ingat betul bagaimana hari itu hatiku hancur lebih parah dari sebelumnya. lebih sakit dibandingkan ketika aku patah hati, lebih perih dibandingkan aku harus meninggalkan kota kendari, ataupun ketika aku melepaskan olimpiade.mungkin untuk sebagian orang itu hal biasa, iya hal biasa jika saja itu tak jadi penentu masa depanmu, kawan ! berbagai dukungan datang padaku dengan alasan itu justru membuatku muak. terutama dukungan dari teman-temanku, mereka dengan mudahnya mengatakan itu biasa. maaf kawan, kau tak tahu rasanya!
dukungan yang membuatku sedikit menahan air mataku datang dari saudara-saudara gooner baruku di AIS Makassar. mereka menghiburku dengan caranya masing-masing. kakak Annu dengan lelucon simlpenya, aztem dengan doanya, hingga kakak hitler dengan cilukbaanya yang tetap tak lepas dari sikap sok cool. aku akan mengingat jasa itu, teman ^_^
kakak Bucca saat itu tak mampu menenangkanku, akai pun begitu. Indra justru dengan sikap tegasnya membuatku berhenti menangis. katanya aku itu kuat, dia yakin aku pasti bisa melaluinya.
Hari ketiga kelulusan, aku mencoba bicara dengan mama. jelas saja, perih yang ku dengar.MAMA TETAP TAK MENGIZINKANKU KULIAH . Untuk pertama kalinya pun mama bicara panjang lebar tentang kasih sayangnya, ketakutannya dan perasaannya. bagaimana beliau terlalu menyayangiku, bagaimana beliau begitu takut kehilanganku, bagaimana beliau ingin menjagaku. aku tak bisa bicara banyak. tak banyak alasan yang bisa kukeluarkan karena kenyataan yang diungkapkan mama memang betul adanya. dan aku mengerti. apakah kalian ingin tahu? inilah kisah yang membuat mama sangat takut kehilanganku dengan berbagai alasan yang menurutku posesif dan kini sedikit membuatku sulit bernafas harus mengubur mimpiku kalau sampai tiga bulan kedepan mama tak memberiku izin untuk kuliah.

"25 tahun yang lalu, 

saat itu usia mama mungkin baru sekitar 20 tahun. mama sudah menikah dan punya seorang anak. dialah almarhum kakakku. anak pertama mama yang beliau lahirkan dengan penuh perjuangan. usia mama yang masih sangat muda saat melahirkannya (18 tahun) mungkin jadi salah satu faktor. di tambah lagi, aku pernah dengar cerita dari kakek, tentang bagaimana mama harus mati-matian bertahan untuk melahirkan kakak. harus terbaring lemah selama 3 bulan saat mengandungnya. mengapa? aku tak pernah tau alasannya sampai saat ini. sakit apa sebenarnya yang membuat mama tak berdaya saat itu. begitu kakak lahir, dia jadi anak kesayangan mama dan papa. jadi cucu pertama kakek dan nenekku sekaligus juga jadi cucu kesayangan. menurut cerita orang-orag, kakakku anak yang cerdas dan sangat aktif (kelebihan yang kini membuat mama berfikir suatu pertanda cepat kehilangan anaknya tercinta). kebahagiaan mungkin betul-betul lengkap untuk mama saat itu. kebahagiaan yang membuat orang-orang iri hingga memunculkan kisah memilukan dan keluar dari logika.
malam saat usia kakakku menginjak usia 2 tahun, mama diliputi kegundahan tak menentu. ternyata itulah firasat seorang ibu akan kehilangan anaknya. pukul 04.00 subuh, mama tahu detak jantung kakak berhenti dalam pelukannya. satu hari yang hingga saat ini betul-betul terukir jelas dalam ingatan beliau. nenek jadi satu-satunya orang yang bisa menenangkan beliau saat itu.tetapi, ternyata ujian tak berhenti di situ, 26 jam setelah kematian kakak, saat bendera putih baru saja diturunkan dari rumah mama, satu lagi orang yang paling dicintainya pergi meninggalkannya selamanya. nenek meninggal sehari setelah kematian kakak. siapapun mungkin bisa membayangkan betapa hancurnya hati mama saat itu. betapa rasa kehilangan begitu menyayat batinnya di usia yang begitu muda. kata papa, mama depresi sekitar 4bulan. bahkan selanjutnya pun selama beberapa tahun, mama masih terlarut dalam dukanya hingga mama dan papa memutuskan pindah ke kendari. sejak saat itu, mama tak pernah begitu betul-betul menerima orang lain, pintu hatinya memang dipenuhi rasa kemanusiaan tapi tidak untuk menyayangi. mama terlalu takut untuk kehilangan lagi. hingga 17 tahun yang lalu aku lahir. kasih sayang mama tercurah hanya untukku yang sejak kecil tak punya kesehatan sempurna seperti banyak orang. Multiple sclerosis sepertinya betah berada dalam diriku" 


kini, aku punya segudang mimpi untuk membahagiakan mama dan papa. dan aku tahu, caranya dengan belajar. sejak kecil aku punya prestasi akademis yang tak pernah diragukan sekalipun tanpa bimbingan luar dan orang tua. aku belajar sendiri. dengan caraku sendiri. tetapi, kali ini sepertinya aku harus berjuang mati-matian untuk meraihnya. karena aku satu-satunya yang dimiliki mama, akulah yang beliau jaga sepenuh hati. beliau tak pernah ingin aku merasakan kerasnya hidup yang membuatku hancur. meski sebenarnya saat ini aku hancur karena kasih sayang yang terlalu kuat itu.
aku pasrah. aku akan tetap berusaha dalam tiga bulan ini untuk meyakinkan mama agar memberiku izin kuliah. aku sudah memilih universitas terdekat, tersantai yang juga kucintai STMIK HANDAYANI. kuharap, tempat itu akan menjadi kampusku. namun, aku tahu aku memang tak boleh berharap. aku takut harapan itu semakain membunuhku saat aku tak dapat meraihnya.
sekarang, aku sedang belajar menyusun hatiku sedikit demi sedikit kembali. memupuk rasa berbesar hati dan ikhlas. walau tak bisa kupungkiri ada kalanya rasa cemburu mengamuk dibenakku melihat teman-temanku yang sibuk menata masa depannya yang pasti. tetapi, aku yakin, Allah sedang mengujiku dan menyiapkan yang terbaik untukku. aku hanya harus terus berusaha, berdoa dan bersabar,,,

keep istiqomah!

waasalamualaikum

Sabtu, 14 Mei 2011

AIS (Arsenal Indonesia Supporter) Regional Makassar

Assalamaualaikum

Huh,lama nggak nge-post ternyata kangen juga… maklum,akhir-akhir ini sibuk banget. Giliran nggak sibuk, uh malas menerpa minta ampun hehehe,jadilah blogku sepertinya sepi, kasian kau sayang ^_^

oh iya, dua hari lagi,pengumuman SMAku keluar, mohon doanya yah, semoga aku dan teman-teman bisa lulus :D , dua hari setelah itu pun juga akan jadi hari menegangkan, soalnya pengumuman bebas tesku pun akan keluar, lagi-lagi mohon doanya yah biar bisa kuliah,,, (baca the previous post kalo belum tau masalah rencana kuliahku yg di tentang habis-habisan, hiks,hiks)
tapi, selagi aku masih dalam masa liburan panjang yg insya Allah bentar lagi berakhir, rasanya nggak adil kalo nggak ngepost... dan kali ini i will tell you about my "new big family"! would you want to know?
let's, check this out :D

AIS (Arsenal Indonesian Supporter) Regional Makassar
HomeBasenya di Coffe cafe House jl.Batua Raya samping SMPN 8 makassar. punya acara rutin Nobar di pertandingan-pertandingannya Arsenal dan Futsal.


itu baru logonya gan, maap yaa masih rada berantakan, soalnya yg ngedit ane sendiri pas lagi bete hehehehe,
oh iya, sebelumnya aku perkenalkan dulu, what is AIS? mungkin bagi yg penggila bola khusunya liga eropa dan lebih spesial lagi liga inggris, pastinya tau, minimal pernah dengerlah, tapi yg nggak begitu suka bola,hmm, sinilah aku jelasin :D

Arsenal Indonesian Supporter adalah komunitas para pencinta Arsenal(yang biasa di sebut Gooner/goonerette)di Indonesia... sejarahnya gak perlulah aku jelasin panjang lebar, bisa buka sendiri di wikipedia, lengkap kok :)
berhubung aku tinggalnya di Makassar,jadi gabungnya dengan yg regional Makassar. komunitas ini sebenernya tersebar hampir di semua kota-kota besar di Indonesia. untuk lebih jelasnya, bisa tanya langsung sama AIS pusat yg nongkrongnya di Jakarta (maklum namanya juga di sana ibukota)

oh iya, balik ke Makassar deh, AIS regional makassar ini menurutnya sejarahnya (ceilee kayak udah puluhan tahun aja, semoga yah :)) didirikan oleh 4 gooner asal makassar. mereka adalah Muh. Irzan Syam, Irfan, Ahmad Taufik Abdullah dan Dzulkifli gazali. bermodalkan rasa cinta buat Arsenal mereka tentunya pake prinsip "berakit-rakit ke hulu,balblabla bersenang-senang kemudian," yuups, buktinya hanya beranggotakan 4 orang mereka membangun AIS regional makassar secara perlahan tapi pasti dan do ypu know? it's begin from FACEBOOK!. anggota mulai berdatangan
ke grup ini. hingga kini sudah ada 154 anggota termasuk saya. saya sendiri bergabung dengan grup ini akhir desember 2010 lalu(ingat postingan patah hatiku?hahaha sepertinya grup inilah yg membuatku membuka mata lagi) . saat itu, AIS Makassar pun belum semaju saat ini. waktu ulang tahun pertama saja,kami hanya merayakannya mungkin dengan sekitar 20 orang saja yg hadir saat itu.gak percaya? ini buktinya

ini foto sebelum acara mulai,
dan yang di bawah ini setelah saya pulang, gak sempat ikutan -_-

bahkan kalao main futsal, kita sering kalah cuma karena alasann krisi pemain. ckckckck tapi itu tidak jadi alasan untuk menyerah. lama kelamaan, AIS Makassar mulai berdatangan banyak anggota baru. sekarang gak ada lagi istilah krisis pemain di futsal,(krisis kiper aja kadang-kadang, yah Arsenal banget gituu).
contohnya ini foto waktu baru aja selesai sparing with Bigreds makassar


banyak kan? iya donk,:D

nobar pun udah lumayan ada peningkatan. yah,walaupun belom sampe bikin jalanan macet sih hehehe...
contohnya kayak nobar match Arsenal vs MUnyuk kemareen,


tapi lagi-lagi saya pulang duluan dan tak ikut foto T,T

tapi tak apalah, saya bahagia jadi bagian dari big family AIS Makassar, semoga bisa terus tumbuh dan semakin solid :)


gan, segini dulu yah, udah puas dikit mencet-mencet keyboard pas ngetik hehehe, insya Allah nanti di lanjut lagi,,, bagi yang ada di Makassar dan mau gabung, silahkan hubungi aku ajah

sekali lagi, mohon doa yah biar bisa lulus dan lolos hehehe,
wassalamualaikum ^_^

Minggu, 08 Mei 2011

Telisik akidah : Keep my finger cross and peace, man …. !

Saya disini tentu saja bukan orang yang anti dengan peradaban barat dan hal-hal lain yang berkaitan dengannya, apalagi latar belakang saya sebagai seorang sarjana dibidang komputer justru menuntut saya untuk banyak mempelajari literatur yang berasal dari negeri berteknologi maju seperti Amerika, Inggris, Prancis Jepang dan lain sebagainya. Lebih tidak mungkin lagi bila ditinjau dari sudut kemusliman saya yang harus bersifat open minded dan obyektif dalam melihat kehidupan ini. Namun sebagaimana yang sudah jamak sekali diketahui oleh umum, bila tidak semua yang bersifat kebarat-baratan harus dicontoh dan diterima begitu saja oleh kita. Ada banyak hal negatif datang dari barat yang justru wajib untuk kita hindari dan selisihi karena bertentangan dengan norma agama maupun budaya kepatutan kita sebagai masyarakat timur, lebih-lebih umat Islam.

Misalnya seperti budaya hidup bersama tanpa ikatan nikah, pergaulan bebas antara laki-laki dan perempuan, model pakaian yang mengumbar aurat, menyamakan semua agama, makanan instan atau siap saji, gila kerja tanpa kenal batas waktu, mengejar harta dan kedudukan dengan berbagai cara, menolak untuk memiliki anak dan keluarga, tidak mengindahkan sisi-sisi kehormatan isteri terhadap suami dan hak suami terhadap istri, pengucapan selamat natal dan lain sebagainya.

Disini kita hanya akan menyoroti 2 fenomena istilah dan perbuatan yang juga berasal dari barat … Keep my finger cross dan Peace Man … !

Istilah ini hampir semua dari kita tahu dan mungkin justru termasuk dari mereka yang menyerukannya(bahkan saya juga -_-) … tetapi apakah kita tahu dan sadar apa maksudnya dan bagaimana datangnya istilah ini ? apakah sebatas istilah tanpa arti atau justru menyelisihi akidah yang kita anut dan imani sebagai seorang muslim ?


Orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan senang kepada engkau sebelum kamu mengikuti “millah” mereka. Katakanlah:”Sesungguhnya petunjuk Allah itulah petunjuk”. Dan sesungguhnya jika kamu mengikuti kemauan mereka setelah pengetahuan datang kepadamu, maka Allah tidak lagi menjadi pelindung dan penolong bagimu. (QS. 2:120)

Sahabat, saudaraku seakidah didalam Islam …

Istilah Keep my finger cross sembari menyilangkan jari-jari tangan adalah sebuah bentuk aksi saat kita bermaksud untuk menyatakan bahwa kita akan menyimpan suatu komitmen dengan baik [termasuk misalnya kita berjanji untuk menjaga rahasia dan seterusnya]. Pertanyaannya adalah kenapa harus disilangkan atau menggunakan istilah cross ?

Kata ‘cross’ bisa berarti juga kayu salib atau palang, yaitu kayu dibentuk menyerupai tanda tambah didalam matematika yang ditujukan sebagai salah satu bentuk hukuman sebagaimana yang pernah dikenakan oleh bangsa Yahudi dengan bantuan tentara Romawi untuk menghukum mati Yesus alias Nabi Isa al-Masih pada jamannya. Masing-masing kedua tangan beliau a.s. dipaku pada sisi-sisi kayu horizontal yang memang sudah disiapkan sementara kedua kakinya disatukan dan dipaku pada kayu yang dipasang secara vertikal. Menurut keyakinan umat Kristen, disanalah Nabi Isa menemui ajalnya untuk kemudian hidup lagi dihari ke-3 dan 40 hari kemudiannya naik kelangit dan bersatu dengan Tuhan diatas tahtanya.

Simbol salib kemudiannya dipergunakan oleh masyarakat kristiani sebagai lambang keagamaan mereka dan akidah mereka terhadap Nabi Isa yang mereka sebut sebagai anak tuhan. Simbol ini diletakkan sebagai icon digereja atau juga rosario dikalung dan lain sebagainya. Simbol kayu palang dipergunakan juga dalam peperangan mereka melawan tentara Islam seperti dalam perang salib.

Kayu palang yang sama juga menjadi icon dari bentuk bantuan kecelakaan yang dikenal dengan istilah Palang Merah atau Red Cross.

Kenapa harus palang dan bukan yang lainnya ? Tidak lain karena mereka memang ingin menyusupkan makna kekristianian mereka didalam banyak bentuk kehidupan.

Itulah kenapa akhirnya umat Islam lalu menolak simbol Palang Merah dan diganti dengan bulan sabit merah.

Ini kronologisnya … kemudian kita akan paham bahwa makna dari istilah Keep My finger cross yang sesungguhnya adalah kita akan menjaga komitmen kita dibawah hukum kristiani atau dibawah nama yesus sebagai Tuhan !

Innalillahi … kita tidak menyadarinya bukan ?

Jadi berhentilah kita melakukan hal demikian sesudah mengetahuinya …

Dan sesungguhnya jika kamu mengikuti keinginan mereka setelah datang ilmu kepadamu, sesungguhnya kamu kalau begitu termasuk golongan orang-orang yang zalim. (Qs. 2 al-Baqarah: 145)

Hal kedua menyangkut penggunaan istilah Peace (baca: piiss) sembari mengacungkan dua jari tangan (telunjuk dan tengah) sebagai simbol perdamaian … lihatlah dibanyak foto yang tersebar, beredaran orang berpose dengan gaya tersebut sambil senyum.(waduh,ini juga kebiasaanku -_-)

Kenapa harus dua jari ? kenapa tidak satu ?

Apa maksudnya ?

Kembali lagi kita pada akidah kekristenan, seperti yang kita ketahui bahwa mereka mengakui adanya 3 oknum ketuhanan yang mesti mereka imani.

Yaitu Tuhan Bapa, Tuhan anak (yesus/Nabi Isa) dan Tuhan Roh Kudus (the Holy Ghost).

Doktrin gereja mengenai kedatangan tuhan dalam wujud anak dipercaya sebagai bentuk perdamaian dari Tuhan pada manusia atas dosa-dosa nenek moyang mereka dimasa silam yang telah melanggar perjanjian dengan Tuhan ditaman Eden, mereka adalah Adam dan Eva (Hawa).

Yesus sendiri merupakan oknum kedua dari ketuhanan tersebut, itulah kenapa simbol dua digunakan pada waktu kita mengatakan peace …. artinya apa ?

Sama seperti yang pertama ….

kita akan menjaga dan berdamai dibawah hukum kristiani atau dibawah nama yesus sebagai oknum Tuhan ke-2 !

Subhanallah.,

Rasulullah Muhammad Saw sudah mengingatkan akan hal ini pada kita … dari Abu Sa’id Al-Khudri radhiallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Kalian sungguh-sungguh akan mengikuti jalan orang-orang sebelum kalian sejengkal demi sejengkal dan sehasta demi sehasta, sampai seandainya mereka masuk ke lubang dhabb [1], niscaya kalian akan masuk pula ke dalamnya. Kami tanyakan: “Wahai Rasulullah, apakah mereka yang dimaksud itu adalah Yahudi dan Nashrani?” Beliau berkata: “Siapa lagi kalau bukan mereka?” (Diriwayatkan oleh Al-Imam Al-Bukhari dalam Shahih-nya, kitab Ahaditsul Anbiya, bab Ma Dzukira ‘an Bani Israil (no. 3456) dan Kitab Al-I‘tisham bil Kitab was Sunnah, bab Qaulin Nabi r “Latattabi‘unna sanana man kana qablakum” (no. 7320) dan Al-Imam Muslim dalam Shahih-nya, Kitab Al-‘Ilmi (no. 2669) dan diberi judul bab oleh Al-Imam An-Nawawi dalam kitab syarahnya terhadap Shahih Muslim, bab Ittiba‘u Sananil Yahudi wan Nashara).

Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat bagi umat Islam dan menyepakati apa yang dimaksud oleh Rasulullah berikut :

“Akan terus menerus ada sekelompok dari umatku yang mendzahirkan al haq, tidak bermudharat bagi mereka orang yang menyelisihi mereka hingga datang perkara Allah tabaraka wa ta’ala sementara mereka dalam keadaan demikian.” (HR. Al-Bukhari no.7459 dan Muslim no. 1920)



naudzubillah,