Pembaca Budiman

Selasa, 23 Maret 2010

maaf yang terlalu lama

maaf,,, bukan kata yang artinya sulit ataupun konotasi...

tapi, kenapa rasanya sulit mengucap kata maaf itu,,,? perlu jiwa besar dan mawas diri untuk mengucapkannya terlebih lagi untuk hal hal yang "sensitif"...
ada orang yang terkadang bilang,,, "gak ada maaf untukmu"... aku juga terkadang ingin bilang seperti itu saat emosiku melonjak.. seolah kesalahannya itu tingkat tinggi dan emang udah nggak bisa di maafkan.. padahal nggak ada kesalahan yang nggak bisa di maafin kecuali emang nggak minta maaf...
Allah sang pencipta saja masih bisa mengampuni hambanya,,, apalagi kita sebagai seorang manusia yang hanya makhlik serba kekurangan dan tentunya gudang kesalahan...

ini sebuah kisah tentang kata maaf yang terlalu lama mungkin untuk diucapkan,, maka yang di tuju pun menjadi tak ingin memaafkannya.

Anak kecil terkadang punya hak istimewa yang bisa digunakan saat melakukan kesalahan. orang dewasa terkadang akan menagtakan,, "nggak kok,, namanya juga anak kecil".. tapi itu sepertinya nggak berlaku untuk sesama anak kecil..

mereka justru akan berfikir,, lo salah!!!

ini kisah saat aku jadi anak baru di sebuah sekolah di kota makassar... lebih tepatnya jadi murid baru dadakan sekaligus bisa di bilang instan banget.. sebab,, saat itu hanya 3 bulan sampai ujian nasional tiba sementara aku juga udah kelas 6 alias bentar lagi finish dari organisasi formal yang di sebut SD...

situasi menjadi anak baru yah gak beda2 amat... selalu jadi pusat perhatian,,pusat pertanyaan dan tentunya pusat celutukan.. mau marah,, gak mungkin juga akan??? secara udah orang baru,, gak bakalan punya pendukung tentunya kalo nyari masalah...

tapi mungkin aku punya kisah yang lumayan unik yang akan menymubangkan satu lagi jenis kisah yang ada di dunia. 3 hari jadi murid baru,, ada seseorang cowok,masih kecil tapi dia cowok juga kan... beberapa hari dia selalu datang ke rumah tanteku tempatku aku tinggal. dia bergaul dekat dengan keluargaku kecuali orang tuaku... hingga pada satu kejadian yang aku sendiri tak ingat alasannya,, aku membuatanya menangis.. haaaah???

yah,, tapi kesalahan itu bukannya membuatnya mundur tapi justru mengirimkan sepucuk suratyang,,,mengungkapkan perasaannya. kalo nggak salah,, isi suratnya begini,,,

"to de poin aja yah,,,

sebenaraku tuh aku suuka sama kamu. makanya aku selalu mengajakmu main basket. maaf ya kemarin aku bikin kamu jatuh. walaupun aku menang main basket,tapi kamu juga hebat.blablablabla.........dst.........."



aku tertawa sat itu,, hahahahaha ada yang naksir??? gak pake pikir panjang, aku justru ngebuang surat itu (yang sekarang justru kusesali)

esoknya,,,aku ngajakin dia ngobrol tanpa rasa bersalah,,

"ndra,aku tuh punya janji gak mau pacaran sebelum umurku 14 tahun.dan sekarang,umurku baru 11,, jadi kamu tahu kan.."
indra dengan senyumnya yang masih kuingat sampai saat ini dengan yakinnya bilang "jadi, kalo aku mau nunggu,, kamu mau?? ya udah kalo gitu aku bakaln nunggu kamu sampe saat itu."
aku hanya bisa tersenyum seraya meyakinkan diri sendiri,,,

tapi,, yang namanya anak kecil,, dikit2 berantem.. belum seminggu setelah saat itu aku dan indra jadi musuh bebuyutan,.. selalu saling ngebalas buat ngerjain yang lain ataupun ngejek,, tapi,,, dengan sok nya,,, indra ternyata dekat dengan ayahku... hal itu yang bikin indra gampang banget buat cari seliweran buat ngeledek aku...
perang gak pernah usai kecuali waktu rekreasi perpisahan bantimurung,,, itu terakhir pertama dan mungkin yang terakhir bisa melihat senyumnya untukku.
waktu itu,,, aku minum coca cola bareng indra,, rasanya seneng banget bisa genjatan senjata sama dia..


setelah itu,, kami mulai hidup masing2 saat masuk SMP yang berbeda. mungkin memang bukan takdirnya. sejak saat itu aku nggak pernah lagi ngomong sama indra,, selain juga karena jarang ketemu.. padahal aku juga sadar kalo aku masih punya salah dan belum minta maaf,,.

ramadhan pertama,, kucoba untuk minta maaf lewat surat dan perantar.. tapi kata si perantara "duh,, lo minta maaf kok malah kebanyakan maki2 orang??"
aku baru sadar ternyata egoku masih terlalu tinggi saat itu...

hingga kini setelah 4 tahun berlalu,, aku masih menggantungkan kata maaf itu... sepertinya memang terlalu lama waktu yang kugunakan hanya untuk sekedar meminta maaf pada seorang indra...


hingga,, aku nemuin Facebooknya indra... aku add,, dan "indra blablabla telah menerima permintaan pertemana anda"
aaku senang... tapi juga gundah,,, apa indra bakal maafin aku sekarang???

aku harus berusaha...


To be continued

Tidak ada komentar:

Posting Komentar